Hadis Al-Muhtaf bil Qaroin

SQ Blog - Di antara istilah dalam kajian ulumul hadis ialah Al-Muhtaf bil Qaroin. Berikut penjelasannya. 

Definisi Hadis Al-Muhtaf bil Qaroin

Al-Muhtaf bil Qaroin adalah yang terdapat dan menunjukan kepada kelebihan padanya atas apa-apa yang di syaratkan dalam hadis maqbul.

Hadis Al-Muhtaf bil Qaroin berarti hadits yang diliputi dan disertai dengan hal-hal tambahan lebih dari sekedar yang dibutuhkan dalam syarat hadis maqbul, hadis shahih maupun hadis hasan.

Macam-macam Hadis Al-Muhtaf bil Qaroin

Hadis Al-Muhtaf bil Qaroin memiliki beberapa macam, yang paling mashur adalah: 
  • Apa-apa yang telah diriwayatkan oleh Syaikhani (Imam Al-Bukhari dan Imam Muslim) di dalam kitab shohihnya dan belum sampai ke batas mutawatir. Hal ini didukung oleh beberapa pendorong : 
  1. Dikarenakan kebesaran beliau berdua di dalam ilmu hadis
  2. Keunggulan kitab Shohih beliau berdua diantara kitab yang lain
  3. Ulama menerima serta mempelajari kitab beliau 
  • Al-Masyhur apabila memiliki turuq yang sangat jelas dan semuanya selamat dari lemahnya periwayatan dan illal. 
  • Khabar Musalsal, khabar musalsal secara bahasa adalah bersambungnya sesuatu dengan sesuatu yang lain. Adapun secara istilah hadits adalah hadits yan diriwayatkan oleh banyak orang sanadnya atas satu sifat atau satu keadaan. Khabar mulsalsal yang dapat menjadi muhtaf bil qoroin apabila di riwayatkan oleh para imam-imam yang dapat dipercaya dan meyakinkan selama periwayatnya tidak asing. 
Seperti hadits yang diriwayatkan imam Ahmad dari Imam Syafi'i dan Imam Syafi'i meriwayatkanya dari imam Malik. Dan orang yang meriwayatkanya dari imam Syafi'i banyak lagi selain imam Ahmad, begitu pula banyak orang yang yang meriwayatkanya dari imam Malik. 

Contoh Hadis Al-Muhtaf bil Qaroin


أخبرني أبو عمر عن أبي العباس ثعلب قال كل مستطيل كفة مضمومة الكاف وكل مستدير كفة بكسرها وقال أبو سليمان في حديث سعيد أنه قال وقعت فتنة عثمان فلم يبق من المهاجرين أحد ووقعت الحرة فلم يبق من أهل الحديبية أحد ووقعت الثالثة فلم ترتفع وفي الناس طباخ…. يرويه أحمد بن حنبل عن يحيى بن سعيد القطان عن يحيى بن سعيد الأنصاري عن سعيد بن المسيب 

Kedudukan Hadis Al-Muhtaf bil Qaroin

Hadis Al-Muhtaf bil Qaroin memiliki kedudukan hadis yang paling kuat dari khabar manapun yang diterima. Seandainya hadis Al-Muhtaf bil Qaroin itu bertentangan dengan hadis maqbul yang lainnnya, maka yang didahulukan atau yang diambil adalah hadis Al-Muhtaf bil Qaroin.[4]

Disusun Oleh Dzikron, Ali Muzakkir dan Abdul Hakim

[1] Imam At-Tirmidzi, Jaami’ At-Tirmidzi. jil 1. hal 419-420
[2] Kitab Tadriburrawi, jil.1 hal. 298-299 dan Fathul mughist, jil.1 hal. 268
[3] Ajaj al khatib, Mukhtashor Al-Wajiz, hal. 157-160
[4] Doktor Mahmud Thahan, Taisier Mustolah Hadist, hal, 55. haromaini

Hadis Al-Muhtaf bil Qaroin, khabar muhtaf bil qoroin, hadis maqbul muhtaf bil qoroin, hadis shohih muhtaf bil qoroin

Labels:

Posting Komentar

[blogger][facebook]

SQ Blog

{picture#https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEimSap9ccYY8FQp44yNvjVK6lRtOVpD-gpVKKWSk__oyc8ChkbooHIuh52uDXiZGchcOoPlIazgMEjOjQ5r0b-DftM48h8gDub2yWyKzDdH1VSYDrsmbf1qfYgl5hKaEuiAW8WAQeTmErDqcHjIm3C4GJKWRJv52o5uHAW10S2gOWj4o8nMsdahVxSo/s500/sq%20vlog%20official%20logo%20png%20full.png} SQ Blog - Wahana Ilmu dan Amal {facebook#https://web.facebook.com/quranhadisblog} {youtube#https://www.youtube.com/user/Zulhas1}

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.