Tips Penomoran Halaman pada Skripsi di Microsoft Word

SQ Blog - Teknik peomoran skripsi pada Microsoft Word. Ide penulisan tips ini bermula pada banyaknya teman-teman kampus yang meminta untuk diberikan penomoran halaman pada skripsinya. Walaupun sich kelihatannya sederhana, namun memang pada mulanya saya juga agak sedikit berpikir keras dalam melakukannya. Setelah mengotak-atik MS. Word, saya menemukan satu trik dalam melakukan ini dengan mudah. Seperti apa caranya, berikut ulasannya sobat. Seperti yang kita ketahui:
  1. Bagian awal skripsi (halaman judul sampai intisari), diberi nomor halaman dengan huruf Romawi kecil.
  2. Semua nomor halaman diletakkan di kanan atas, kecuali ada judul atau bab maka nomor halaman diletakkan di tengah bawah.
Preview Kurang Lebih Seperti di atas
Point pertama di atas tidak terlalu menjadi masalah karena semua nomornya diletakkan di halam tengah bawah pada skripsi. Teknik memberi angka romawi pada halaman anda dapat baca di SINI. Adapun cara membuat nomor halaman berada di bawah tengah pada halaman judul dan berada di kanan atas pada selain judul pada skripsi berikut langkah-langkanya:

1. Buka lembaran kerja sobat pada MS. Word, kebetukan ana sudah menggunakan MS. 2010 

2. Pada Tob MS. Office, pilih >>Insert

3. Kemudian klik >>Page Number dan pilih >>Bottom of Page, >>Plain Number 2

4. Namun Saya sarankan, untuk cara 2 & 3 ini digantikan aja (tidak usah diikuti) cukup dengan cara KLIK 2X PADA BAGIAN HEADER ATAU FOOTER lembar kerja sobat. Menurut Saya pada titik ini banyak yang keliru jika menggunakan cara 2 & 3, hehee Wallahu A'lam. Cara dan Previewnya seperti berikut berikut: 

5. Setelah cara 4 selesai, halaman kerja MS. Word anda seperti berikut:

6. Dalam posisi ini, pada bagian Option di tab Headaer and Footer, anda harus mencentang "Different First Page" untuk memulai pemberian Nomor Halaman dan jangan sebaliknya (jangan memberi nomor terlebih dahulu) !!!

7. Setelah itu, Anda tinggal memberi Nomor halaman [tengan bawah]  pada judul halaman di dalam tab Header and FooterPilih >> Page Number   >>Bottom of Page    >>Plain Number 2

8. Begitupun pada halaman selanjutnya, anda menuju di halaman kedua dan memberinya nomor halaman [kanan atas]  di dalam tab Header and Footer, >> Page Number   >>Top of Page    >>Plain Number 3

9. Lihat Hasilnya !!!

Note, Pada halaman yang telah anda buat, jangan lupa untuk menyesuaikan font dan ukurannnya sesuai yang anda gunakan. Caranya seperti pada pengeditan teks lainnya pada Tab Home.

Semoga Bermanfaat
Oleh: Hasrul

Skripsi, Halaman Skripsi, penomoran, nomor halaman, tips penomoran skripsi, tips memberikan halaman skripsi, tips memberikan halam tesis

Labels:

Posting Komentar

[blogger][facebook]

SQ Blog

{picture#https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEimSap9ccYY8FQp44yNvjVK6lRtOVpD-gpVKKWSk__oyc8ChkbooHIuh52uDXiZGchcOoPlIazgMEjOjQ5r0b-DftM48h8gDub2yWyKzDdH1VSYDrsmbf1qfYgl5hKaEuiAW8WAQeTmErDqcHjIm3C4GJKWRJv52o5uHAW10S2gOWj4o8nMsdahVxSo/s500/sq%20vlog%20official%20logo%20png%20full.png} SQ Blog - Wahana Ilmu dan Amal {facebook#https://web.facebook.com/quranhadisblog} {youtube#https://www.youtube.com/user/Zulhas1}

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.