Data dan Jumlah Umat Muslim di Dunia

SQ Blog - Postingan ini memberikan sebuah kabar dunia, yaitu data jumlah penduduk muslim di dunia. Informasi ini admin dapatkan dari buku “Sejarah Islam” karya Ahmad al-Usairy. Semoga informasi ini menambah wawasan sobat.

Baiklah, berikut uraiannya:

  • Daftar berasal dari penulis (Ahmad Usairy) yang berasal dari berbagai sumber termasuk informasi dari PBB.
  • Daftar ini bersifat perkiraan yang mendekati (estimasi), bukan data pasti karena tidak terdapat data yang terperinci dari sumber manapun.
Adapun Data dan Penduduk Negara Muslim di Dunia berdasarkan masing-masing benua, dapat dilihat di bawah ini:


Note:
  1. Data di atas merupakan data sebelum tahun 2000-an, buku ini sendiri cetakan pertamanya diterbitkan pada tahun 2003.
  2. Kemungkinan besar data di atas telah berubah, namun setidaknya dapat memberikan gambaran secara umum.
  3. Dunia Islam/Negara Islam adalah Negara-negara yang presentase penduduk muslimnya lebh dari 50 % dari keseluruhan jumlah penduduk. Pertimbangan jumlah penduduk ini merupakan pertimbangan pertama dan terpenting. Namun, demikian terdapat pertimbangan-pertimbangan yang lain. Misalnya, pertimbangan undang-undang, kapan negeri itu menjadikan Islam sebagai undang-undang resminya, atau bahwa syariat Islam merupakan sumber utama bagi perundang-undangan negaranya juga masuk ke dalam Negara Islam.Terdapat juga pertimbangan ketiga yang tidak begitu penting, yaitu posisi kepala Negara. Negara yang dipimpin oleh seorang muslim sudah tentu secara keadaan umum merupakan negara Islam.
Oleh Hasrul
Disadur dari;
Sejarah Islam karya Ahmad al-Usairy

Negara Islam, Muslim Dunia, Penduduk dunia, asia, afrika, eropa, amerika, australis

Labels:

Posting Komentar

[blogger][facebook]

SQ Blog

{picture#https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEimSap9ccYY8FQp44yNvjVK6lRtOVpD-gpVKKWSk__oyc8ChkbooHIuh52uDXiZGchcOoPlIazgMEjOjQ5r0b-DftM48h8gDub2yWyKzDdH1VSYDrsmbf1qfYgl5hKaEuiAW8WAQeTmErDqcHjIm3C4GJKWRJv52o5uHAW10S2gOWj4o8nMsdahVxSo/s500/sq%20vlog%20official%20logo%20png%20full.png} SQ Blog - Wahana Ilmu dan Amal {facebook#https://web.facebook.com/quranhadisblog} {youtube#https://www.youtube.com/user/Zulhas1}

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.