Mendidik Optimal, Berikut 6 Tujuan yang Harus Dicapai

SQ Blog - Seorang pendidik dapat dikatakan telah melakukan kegiatan pembelajaran jika terjadi perubahan perilaku pada diri peserta didik sebagai akibat dari kegiatan tersebut. Jadi ada hubungan fungsional antara perbuatan guru dengan perubahan perilaku peserta didik.

Hasil perubahan dari hasil pendidikan pada peserta didik nampak dari berbagai aspek, sesuai ruang lingkup pendidikan masing-masing. Misal dalam pendidikan Islam, ada 5 sasaran utama pendidikan yaitu: pendidikan keimanan, pendidikan akhlak, pendidikan intelektual, pendidikan fisik, dan pendidikan psikis.

Nah Sobat SQ Blog, pendidikan yang telah dilakukan dalam tiap-tiap aspek itu menghasilkan tingkat pemahaman atau hasil yang berbeda-beda. Tingkatan perbedaan itu harusnya diketahui setiap peserta didik atau setiap guru agar dapat memaksimalkan pendidikan yang dilakukan. Berikut 6 tingkatan tersebut sebagai tujuan dalam dunia pendidikan yang harus dicapai (Notoadmojo, 2005):
  1. Tahu (know)
  2. Memahami (comprehention)
  3. Aplikasi (application)
  4. Analisis (analilysis)
  5. Sintesis (sintesis), dan
  6. Evaluasi (evaluation)
Lihat juga video nya berikut Sobat!

SEKIAN
SEMOGA BERMANFAAT
Labels:

Posting Komentar

[blogger][facebook]

SQ Blog

{picture#https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEimSap9ccYY8FQp44yNvjVK6lRtOVpD-gpVKKWSk__oyc8ChkbooHIuh52uDXiZGchcOoPlIazgMEjOjQ5r0b-DftM48h8gDub2yWyKzDdH1VSYDrsmbf1qfYgl5hKaEuiAW8WAQeTmErDqcHjIm3C4GJKWRJv52o5uHAW10S2gOWj4o8nMsdahVxSo/s500/sq%20vlog%20official%20logo%20png%20full.png} SQ Blog - Wahana Ilmu dan Amal {facebook#https://web.facebook.com/quranhadisblog} {youtube#https://www.youtube.com/user/Zulhas1}

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.