Anjuran Bersedekah sebelum Ditolak

SQ Blog - Bersedekah sebelum ditolak. Akan datang suatu zaman dimana tidak ada lagi yang menerima sedekah. Semuanya dalam keadaaan kenyang dan berkecukupan. Nabi Muhammad SAW bersabda:

عَنْ حَارِثَةَ بْنَ وَهْبٍ قَالَ سَمِعْتُ النَّبِىَّ - صلى الله عليه وسلم - يَقُولُ « تَصَدَّقُوا فَإِنَّهُ يَأْتِى عَلَيْكُمْ زَمَانٌ يَمْشِى الرَّجُلُ بِصَدَقَتِهِ ، فَلاَ يَجِدُ مَنْ يَقْبَلُهَا يَقُولُ الرَّجُلُ لَوْ جِئْتَ بِهَا بِالأَمْسِ لَقَبِلْتُهَا ، فَأَمَّا الْيَوْمَ فَلاَ حَاجَةَ لِى بِهَا. (رواه البخاري) 
Artinya: “Dari Haritsah bin Wahab berkata; Aku mendengar Nabi Saw bersabda: “Bersedekahlah karena akan datang kepada kalian suatu zaman yang ketika itu seseorang berkeliling dengan membawa sedekahnya namun dia tidak mendapatkan seorangpun yang menerimanya.

Lalu seseorang berkata: “Seandainya kamu datang membawanya kemarin pasti aku akan terima. Adapun hari ini aku tidak membutuhkannya lagi”.[1] (H.R. Al-Bukhari, No. 1411) 
Dalam hadis di atas, Rasulullah mengabarkan bahwa akan datang suatu masa dimana tidak ditemukan orang-orang yang membutuhkan sedekah. Imam Al-Bukhari dalam kitab Shahihnya menyebutkan empat hadis yang mengandung peringatan akan datangnya suatu masa dimana tidak akan ditemukan orang-orang yang mau menerima sedekah.


Al-Munayyar berkata: maksud hadis ini adalah anjuran untuk tidak menunda-nunda sedekah karena bersedekah merupakan suatu kesempatan untuk meraih pahala.[2]

Jika orang yang mengeluarkan sedekah telah diberi pahala karena niatnya meski tidak menemukan orang yang menerimanya, maka orang yang menemukan penerima sedekah diberi balasan setimpal ditambah dengan pahala keutamaan. Hadis di atas mengindikasikan bahwa kejadian tersebut berlangsung di akhir zaman sehingga sebagian orang menyebutnya sebagai tanda-tanda kiamat kubra.

Ibnu Al-Tin berkata: “sesungguhnya yang demikian akan terjadi saat turunnya Isa ketika bumi mengeluarkan keberkahannya dan kekeyangan dirasakan oleh semua orang. Hal ini senada dengan ungkapan Ibnu Baththal bahwa secara dzhahir hal ini terjadi pada saat harta banyak dan melimpah menjelang hari kiamat.[3]

ENDNOTE

[29] Muhammad Fuad Abdul Baqi, Al-Lu’lu’ wa al-Marjan terj. Ahmad Fadhil (Jakarta: Pustaka al-Kautsar, 2011), cet. I, hal 298-299
[30] Ibnu Hajar,  Fathu Ba’ri terj. Amiruddin (Jakarta: Pustaka Azzam, 2007), cet. III, jilid 8, hal. 63
[31] Ibnu Hajar,  Fathu Ba’ri terj. Amiruddin, hal. 64

Sekian

Bersedekah sebelum ditolak. Akan datang suatu zaman dimana tidak ada lagi yang menerima sedekah. Semuanya dalam keadaaan kenyang dan berkecukupan.

Labels:

Posting Komentar

[blogger][facebook]

SQ Blog

{picture#https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEimSap9ccYY8FQp44yNvjVK6lRtOVpD-gpVKKWSk__oyc8ChkbooHIuh52uDXiZGchcOoPlIazgMEjOjQ5r0b-DftM48h8gDub2yWyKzDdH1VSYDrsmbf1qfYgl5hKaEuiAW8WAQeTmErDqcHjIm3C4GJKWRJv52o5uHAW10S2gOWj4o8nMsdahVxSo/s500/sq%20vlog%20official%20logo%20png%20full.png} SQ Blog - Wahana Ilmu dan Amal {facebook#https://web.facebook.com/quranhadisblog} {youtube#https://www.youtube.com/user/Zulhas1}

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.