Integrasi Al-Quran dan Sains

SQ BlogPeradaban barat modern telah membuat ilmu menjadi problematis. Pada sisi lain diakui dapat memberikan manfaat, namun peradaban tersebut juga telah menyebabkan kerusakan dalam kehidupan manusia. Problematika inilah yang mendorong para ilmuwan Muslim untuk melakukan islamisasi sains. Menurut Ismail Raji al-Faruqi, islamisasi sains modern merupakan satu tugas yang serupa sifatnya  yang  pernah dimainkan oleh ilmuwan-ilmuwan Muslim masa silam yang mengantarkan mereka memiliki peradaban yang besar. (Ahmad Muflih Saefuddin, 2010 M / 1431 H : 41-42)

MAKNA INTEGRASI DAN SAINS

Pengembangan eksprimen-eksprimen llmu pengetahuan yang berdasarkan pada paradigm al-Quran jelas akan memperkaya khasanah ilmu pengetahuan umat manusia. Kegiatan ini mungkin bahkan akan menjadi rambahan baru bagi munculnya ilmu pengetahuan al-ternatif. Sebagai contoh, ilmu ekonomi syariah merupakan pengembangan dari praktek bank yang sudah ada kemudian dikelolah berdasarkan wahyu Ilahi.

Kita mengetahui bahwa ilmu-ilmu empiris maupun rasional bersifat normatif. Hal ini tentunya berbeda dengan al-Quran yang sifatnya mutlak benar, tidak seluruhnya dapat  diobservi dan pengaruhnya tidak dapat diukur dengan menggunakan ukuran-ukuran yang bersifat matematis dan empiris. (Abuddin Nata, 1998 : 423) Hal inilah yang memicu berbagai macam kontroversi dalam proses islamisasi sains. Letak permasalahnnya menyangkut ruang lingkup epistemologis  tentang bagaimana pengilmuan Islam yang berbasis pada paradigm al-Quran. Berkenaan dengan ini, kuntowijoyo menawarkan 2 metode dalam melakukan eksternalisasi teks al-Quran ke realitas empiris yang salah satunya adalah melalui integralisasi. (A. Muflih Saefuddin, 2010 M: 88-89)
  • Makna Integrasi
Integralisasi adalah upaya untuk menyatukan (bukan sekedar menggabungkan) wahyu Tuhan dan temuan pikiran manusia. Penyatuan tersebut akan melahirkan apa yag dinamakan ilmu integralistik sebagai produk dari pengilmuan islam. Ilmu-ilmu integralistik tidak akan mengucilkan Tuhan (Sekularisme) atau mengucilkan manusia. Kegiatan ini tentunya menyelesaikan konflik antara sekularisme ekstrem dan agama-agama radikal dalam banyak sector. (Ahmad Muflih Saefuddin, 2010 M / 1431 H : 89)
  • Makna Sains
Sains dan Saintisme adalah dua istilah yang berbeda. Sains adalah pengetahuan mengenai fenomena-fenomena spasio-temporal atau alam semesta pada umumnya seperti biologi, fisika, kimia, astronomi dan lain-lain. Sedangkan Saintisme adalah semacam ideologi meterealitik. Itulah suatu pendapat yang menyamakan realitas dengan materi. (Louis Leahy, 2006 : 22) 

REALITAS INTEGRASI SAINS DAN AL-QURAN

Maurice Bucaille dalam bukunya “Bibel, Quran dan Sains Modern menuliskan” bahwa Perubahan besar yang terjadi pada tahun-tahun yang terakhir ini mengenai sains dan al-Quran dan menyebutkan pula suatu dokumen yang dikeluarkan oleh sekret vatikan. Dokumen tersebut berjudul “orientasi untuk dialog antara umat Kristen dengan umat Islam”.  Mengenai dokumen tersebut, Maurice Bucaille menambahkan bahwa dokumen tersebut diantaranya berisi penolakan pandangan-pandangan kuno umat Kristen terhadap Islam dan menerangkan hal-hal yang sebenarnya. (Maurice Bucaille, 1426 H / 2005 H)

Uraian  keterangan  diatas   menunjukkan  bahwa  hubungan  sains  dan  al-Quran saat ini sedang tumbur subur secara sistematik. Dalam artian layaknya suatu bidang kajian, ada perdebatan tentang pendekatan, metodologi, ruang lingkup dan tak kalah pentingnya dengan munculnya forum-forum akademis yang mewadahi debat tersebut seperti seminar dan konferensi. (Zainal Abidin Bagir, 2006: 3)

Sekian
Oleh: Hasrul

Makna Sains, Makna integrasi, Integrasi Al-Quran dan Sains

Posting Komentar

[blogger][facebook]

SQ Blog

{picture#https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEimSap9ccYY8FQp44yNvjVK6lRtOVpD-gpVKKWSk__oyc8ChkbooHIuh52uDXiZGchcOoPlIazgMEjOjQ5r0b-DftM48h8gDub2yWyKzDdH1VSYDrsmbf1qfYgl5hKaEuiAW8WAQeTmErDqcHjIm3C4GJKWRJv52o5uHAW10S2gOWj4o8nMsdahVxSo/s500/sq%20vlog%20official%20logo%20png%20full.png} SQ Blog - Wahana Ilmu dan Amal {facebook#https://web.facebook.com/quranhadisblog} {youtube#https://www.youtube.com/user/Zulhas1}

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.